Kamis, 17 Februari 2011

PERGOLAKAN MESIR

Nama    : Fadila Widianti
NPM      : 13209453

Gerakan Nasionalisme Mesir

Gerakan Nasionalisme Mesir
Gerakan Nasionalisme Mesir
Ada beberapa sebab munculnya nasionalisme Mesir. Munculnya gerakan Wahabi yang menentang penjajahan Turki mampu mempersatukan rakyat Mesir. Apalagi rakyat Mesir memperoleh pengaruh dari Revolusi Prancis yang dibawa Napoleon saat menduduki Mesir tahun 1798. Paham liberal yang melanda Mesir menyebabkan munculnya kelompok terpelajar yang berorientasi modern. Mereka pernah menempuh pendidikan di Eropa dan berbagai universitas ternama di Beirut dan Damsyik. Nasionalisme Mesir juga terpengaruh Gerakan Turki Muda. Nilainilai persatuan yang diperjuangkan nasionalis Turki mampu menggugah semangat bangsa Mesir untuk bersatu. Apalagi muncul gerakan Pan-Arab yang dipelopori oleh Amir Chetib Arslan yang menganjurkan agar bangsa-bangsa Arab bersatu dan memperjuangkan kemerdekaan bangsanya.
Nasionalisme Mesir ditandai oleh munculnya pemberontakan Arabi Pasha (1881–1882) terhadap Inggris. Setelah PD-I, Mesir menuntut kemerdekaan kepada Inggris. Akhirnya tahun 1922, Mesir menjadi kerajaan di bawah persemakmuran Inggris. Tahun 1936 Mesir menjadi negara yang merdeka penuh. Selanjutnya, Terusan Suez dikuasai Mesir kembali pada tahun 1956 setelah dinasionalisasi oleh Gamal Abdul Nasser.
Menjamurnya gerakan kebangsaan di Indonesia dengan dukungan dan solidaritas dari tokoh-tokoh pergerakan di Asia membuat pemerintah kolonial Belanda merasa khawatir. Apalagi gerakan pergerakan semakin radikal, nonkooperatif, dan kesadaran rakyat semakin meningkat. Oleh karena itu, pemerintah kolonial Belanda merasa perlu menambah pasal-pasal dalam Wetboek van Strafrecht atau Buku Hukum Pidana yang bisa menjerat dan mengendalikan pergerakan nasional. Dengan alasan membahayakan keamanan dan ketertiban umum, pemerintah kolonial bisa menangkap dan memenjarakan tokoh-tokoh pergerakan.
Penerapan pasal itu jelas berpengaruh pada aktivitas pergerakan para tokoh. Karena para polisi memperlakukannya secara fasis dan kejam. Para pemimpin pergerakan ditangkap dan dipenjara di Digul dan Endeh tanpa proses hukum yang jelas. Dampaknya adalah melunaknya pergerakan nasional yang ditandai dengan tampilnya organisasi pergerakan yang bersifat kooperatif, antara lain Partai Indonesia Raya di bawah Sutomo dan Partai Indonesia Raya (Parindra) serta Regentenbond atau Persatuan Bupati. Kelompok-kelompok ini mau bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda dengan mengirimkan wakilnya untuk duduk di Volksraad.
Sumber :
Imtam Rus Ernawati dan Nursiwi Ismawati, 2009, Sejarah Kelas XI Program Bahasa, Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, h. 83 – 84.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar